Juni 12, 2009

teknik menciptakan ide baru dalam kreatifitas


(mind mapping)
1.SKAMPER
Skamper adalah teknik untuk merubahbenda,jasa,atau proses apapun mnjadi sesuatu yang baru
1.S,Substitusi
Substitusi merupakan penggantian.Yaitu mengganti benda lama menjadi benda baru.misalkan dari suatu benda memiliki bahan tertentu,lalu kita mengganti bahan lain yang lebih menarik.
2.K,Kombinasi
Kombinasi merupakan penggabungan.yaitu menggabungkan suatu benda yang memiliki satu fungsi,digabungkan dengan benda lain yang fungsinya beda.sehingga terbentuklah satu benda yang memiliki 2 fungsi.
3.A,Adaptasi
Adaptasi merupakan penyesuaian.suatu benda yang memiliki fungsi tertentu yang sesuai dengan lokasi penggunaannya dipakai di tempat lain yang baru,dengan begitu benda tersebut dirubah mempunyai fungsi lain untuk menyesuaikan dengan tempat baru tersebut,misalnya kalkulator,biasanya dipakai di sekolah,kantor,maupun berhitung dirumah,namun ketika di jalan fungsi kalkulatormenjadi jarang dipakai.untuk menyesuaikan kondisi tersebut makakalkulator menjadi memiliki fungsi tambahan misalnya bisa untuk mendengarkan musik.
4.M,Modifikasi
Modifikasi merupakan suatu usaha untuk merubah benda yang ada disekitar kita,misalkan menambah sesutu sehingga benda tersebut menjadi memiliki fitur yang berbeda.
5.P,Penggunaan lain
Penggunaan lain adalah bagaimana menerapkan benda yang kita buat menjadi bisa diterapkan untuk fungsi lain.
6.E,Eliminasi
Eliminasi adalah pengurangan.misalkan kita punya benda tapi karena ukurannya besar maka fungsinya berkurang lalu dengan kreatifitas benda tersebut kita kurangi menjadi lebih kecil,dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain.
7.R,Reverse
Reverse adalah kebalikan.yaitu membalikkan suatu benda menjadi kebalikannya sehingga fungsinya menjadi bertambah.

2.mind map
mind map adalah peta pikiran,maksudnya jika kita ingin menciptakan suatu ide,maka sebaiknya kita berusaha mendaftar terlebih dahulu apa saja yang ada dipikiran.Setelah itu baru di di buat,atau didaftar mana yang memang benar-benar diinginkan

contoh mind map:ada di gambar paling atas
sifat mind map:
1.tujuannya bisa kemana-mana

3.brain storming
Yaitu berusaha untuk menentukan ide secara spontan dari pikiran kita sebanyak-banyaknya.
sifatnya:
1.tujuannya sudah jelas,
2.goalnya adalah kakuantitas.

dan itulah tadi sebagian dari tenik menciptakan ide baru yang kreatif.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

How about U