Juni 16, 2009

HobbyQ: koleksi hot wheels





Apa itu hot wheels :
Hotwheels adalah mainan mobil-mobilan utk dikoleksi. Jenisnya ribuan dan tiap tahun hanya diproduksi sekali saja. Koleksi mobil hotwheels jumlahnya sangat banyak, mulai dari mobil biasa, mobil klasik, mobil sport, mobil modifikasi (custom/lowrider), hingga mobil prototype. Beberapa diproduksi dalam jumlah terbatas.
Hotwheels diproduksi oleh perusahaan mainan ternama yaitu Mattel Inc USA.
Di Indonesia, Hotwheels dapat ditemukan di Toys City, Kidz Station, Indo Maret, Toy Zone, dan toko-toko mainan terkemuka. Di seluruh dunia terdapat banyak kolektor Hotwheels, kebanyakan dari mereka bukanlah anak kecil melainkan orang dewasa. Di antara para kolektor saling melakukan transaksi berupa pertukaran, jual beli maupun lelang.
Harga mobil-mobilan Hotwheels ini di toko hanya Rp.15.000, namun di mata kolektor harganya dapat naik menjadi Rp.35.000 bahkan hingga Rp. 1 juta. Ini berarti harganya bisa naik 2X hingga 100X lipat dari harga asalnya yg cuma Rp.15.000 saja. Bila sebuah jenis mobil Hotwheels keberadaanya makin jarang di toko maka harganya pasti akan naik menjadi cukup tinggi. Karena jenis mobil Hotwheels hanya diproduksi setahun sekali, maka mobil Hotwheels tipe apapun bila sudah berusia 1 tahun harganya minimal akan naik 2X lipat.
Contohnya: Bila sekarang tahun 2002, maka Hotwheels seri 2001 minimal berharga Rp.30.000, karena di toko tidak akan ada lagi hotwheel seri 2001 ke belakang. Dan pada tahun 2003 semua Hotwheels seri 2002 juga akan sulit ditemukan di toko lagi.TREASURE HUNT
Treasure Hunt adalah koleksi limited edition (langka) dari seri Hotwheels. Sebenarnya harganya juga cuma Rp.16.000, namun karena beberapa orang telah mengetahui kelangkaannya maka mereka menjualnya Rp.75.000 ke atas. Beberapa kolektor bahkan rela membayar Rp.200.000 hingga 1 Juta.
Kabarnya Treasure Hunt yg bernama La Troca harganya mencapai 1 juta. Ini berarti hampir harganya 100X lipat dibanding harga aslinya yg sebenarnya cuma Rp.15.000
(sumber : hot wheels,menulis berbagai ilmu)



Itulah hot wheels,mainan yang kini sedang q koleksi.Mainan ini harganya memang murah,namun bila dikoleksi bisa menghasilkan uang yang banyak bila dijual lagi terutama yang edisi terbatas.Namun,saya lebih mengambil sisi unik dari mobil itu sendiri,mainan itu tidak saya jual lagi,namun saya gunakan sebagai koleksi pribadi.Mainan ini memiliki desain yang unik-unik,dan bisa dimainkan di treknya lagi.Untuk trek,saya lebih suka membuat treknya sendiri karena dengan begitu saya lebih leluasa menciptakan sesuai imajinasi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

How about U