Juni 17, 2009

Sebuah buku design



DESAIN DAN DUNIA KESENIRUPAAN INDONESIA DALAM WACANA TRANSFORMASI BUDAYA

Judul :Desain dan dunia kesenirupaan Indonesia dalam Wacana Transformasi budaya

Bahasa : indonesia
Penulis : Agus Sachari & Yan Yan Sunarya
penerbit : Penerbit ITB
Tahun Terbit : 2001
Tebal Buku : 258 halaman
Ukuran Buku : 21 x 15 cm
Harga : Rp 28.600,-

Buku ini menceritakan mengenai proses bagaimana budaya kita mengalami transformasi dengan budaya dari luar sehingga menghasilkan budaya yang kita rasakan pada saat ini.Budaya dalam dan luar mengalami transformasi menghasilkan budaya baru yang tentunya bereaksi terhadap segala aspek,ekonomi,budaya,seni,politik,maupun sosial.

1.Transformasi budaya merupakan suatu proses panjang yang didahului oleh dialog budaya.
2.Indikasi terjadinya proses transformasi budaya dapat diamati denganmelihat peta perubahan peradaban sebuah bangsa secara keseluruhan,baik dalam bidang pemikiran,politik,gagasan kebudayaan,pertumbuhan ekonomi,perkembangan industri,karya desain maupun seni rupa.
3.Awal dialog budaya ke arah kebudayaan modern Indonesia,adalah sejak program modernisasi dijalankan dan politik etis yang kemudian di luar dugaan pemerintah belanda,beberapa dekade sesudahnya memunculkan berbagai kesadaran akan kemerdekaan dan pola berpikir modern dikalangan kaum pelajar pribumi.
4.Perubahan sistem nilai secara makro berpengaruh pergeseran nilai estetik desain dan karya rupa di Indonesia,dandalam kondisi tertentu memiliki ciri utama dalammembangun wacana transformasi budaya sebuah bangsa
5.Deasin adalah suatu produk nilai=nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu,oleh karena itu dapat dijadikan sebagai obyek amatan yang mewakili pergeseran nilai-nilai dalam proses transformasi budaya.
6.Proses tranformasi budaya memiliki keterkaitan sinergis dengan perubahan dan pergeseran nilai-nilai estetik pada aneka karya desain dan kesenirupaan,sehingga kita mampu untuk memprediksi nilai estetik baru yang akan muncul menyertai proses transformasi lanjut dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

How about U